1. Perbedaan Domain Name dengan URL

Domain Name hanya mengacu pada sistem penamaan alamat internet protokol , sedangkan URL ( Uniform Resource Locator ) atau nama lain dari situs web adalah sarana untuk menentukan alamat yang akan kita pakai untuk mengakses internet.

Contoh :

Domain name untuk situs yang sedang dibuka misalnya : sman1.sch.id. Sedangkan alamat URL untuk homepage sman1.sch.id adalah http://www.sman1.sch.id/index.html

Alamat URL merupakan alamat khusus untuk file tertentu yang bisa diakses internet .Halaman yang andabaca misalnya merupakan sebuah file HTML yang memiliki alamat URL : http://www.sman1.sch.id/domain.htm

URL tidak hanya mencakup file HTML namun termasuk juga jenis – jenis file lain yang bisa diakses oleh internet . Misalnya file image bertipe jpg. dan gif. . Sebagai contoh logo gedungsekolah.gif yang muncul dihalaman depan situs ini memilliki alamat URL sbb:

http://www.sman1.sch.id/images/gedungsekolah.gif

2. Format Alamat URL yang Lengkap

keseluruhan URL yang lengkap adalah berbentuk seperti ini :

protokol://nama_host/path/nama_file

  • Protokol adalah jenis protokol yang akan digunakan seperti http,ftp,mailto,dsb.
  • Nama Host adalah nama host ( domain ) yang dipanggil.
  • Path adalah lokasi atau direktori tempat file diletakkan pada web server.
  • Nama _File adalah nama file yang dipanggil.

Sebagai Contoh : URL http://www.kompas.com/berita/domainbaru.htm memiliki format seperti ini :

  • HTTP adalah protokol yang digunakan
  • www.kompas.com adalah nama host
  • berita adalah path atau direktori yang dituju
  • domain_baru.htm adalah nama file yang diakses.

Nb:



Dalam mengakses sebuah homepage , seringkali kita tidak mengetik secara lengkap seperti format URL diatas . Misalnya : www.kompas.com atau bahkan kompas.com  saja.

Penjelasannya :

Protokol http:// adalah protokol default sehingga tanpa diketik , broe\wser akan langsung tahu bahwa kita sedang mengakses protokol http://.

WWW adalah domain level yang sangat umum , sehingga tanpa diketik , browser akan dapat mengenalinya. Jadi untuk website Kompas, anda dapat mengetik www.kompas.com atau kompas.com saja. 

Ketika mengetik www.kompas.com tidak terdapat nama file, padahal yang sebenarnya kita akses adalah sebuah file atau halaman web tertentu. kenapa tidak ikut diketik? Karen ayang sedang kita akses adalah homepage atau halaman pertama dari situs tersebut. Nama file untuk halaman pertama biasanya adalah index.html, main.html atau welcomr.html . nama – nama ini adalah nama file default. Sehingga tanpa diketikpun, browsert akan dapat memahami ke mana sebenarnya kita hendak menuju.