• Definisi Web Browser

    Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang berada di internet. Adapun beberapa istilah yang sering muncul pada saat kita menggunakan web browser adalah sebagai berikut :

Website
Halaman-halaman web saling terhubung dalam suatuwebsite
Homepage
Halaman awal ketika suatu situs dimunculkan, biasanya juga sebagai penghubung ke website-website yang lain
URL
Alamat unik pada suatu halaman web, yang sigunakan web server untuk mengirimkan halaman web tersebut ke komputer yang mengaksesnya
WWW
Kumpulan dari dokumen-dokumen elektronik yang kemudian disebut web, tiap dokumen tersebut dinamakan web page
Portal
Web yang menyediakan berbagai jenis layanan misal pencarian, olahraga, hiburan dsb


  • Terdapat beberapa macam web browser yang dapat kita pakai untuk menampilkan halaman-halaman website. Ada 3 jenis web browser yang sering dipakai adalah :

  1. Internet Expoler
  2. Netscape
  3. Mozilla


  • Fungsi Web Browser

    Untuk membuat aplikasi Web, dalam hal ini kita menggunakan HTML. Di sini kita membutuhkan suatu editor yang berguna untuk mengetik, mengedit atau menyimpan dokumen-dokumen HTML Editor untuk mendesain suatu Web dibagi 2 yaitu WYSIWYG (Graphic) Editor, antara lain Notepad dan Ultra Edit, dan Editor WYSIWYG, antara lain Netscape dan Front Page.

  • Struktur Dasar HTML

    Fungsi utama dari web browser adalah untuk menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet, selain itu kita dapat menyimpan website tersebut dan dapat kita panggil lagi kemudian (Bookmark), website juga dapat disimpan (save) hingga informasi-informasi di dalamnya dapat kita ambil.

  • Internet Expoler

    Di sini saya mengambil Internet Expoler sebagai web browser nya. Microsoft Internet Expoler, merupakan software yang Built-in dengan sistem operasi Windows. Versi dari Internet Expoler berbeda-beda sesuai dengan sistem operasi Windows yang digunakan (IE 4.0 uNTUK wINDOWS 98/ME, IE 5/6 untuk Windows XP). Untuk memulai Internet Expoler dapat dilakukan dengan cara berikut :

  1. Pilih program Internet Expoler, dapat melalui start atau melalui icon internet expoler.
  2. Lakukan koneksi ke internet terlebih dahulu, bila diperlukan.
  3. Ketik alamat website yang akan dituju, jika koneksi berjalan maka akan tampil halaman web yang Anda inginkan


  • Untuk membuka suatu website terdapat dua cara yang dilakukan yaitu :

    • Pertama. Memilih menu File, kemudian Open maka akan ditampilkan jendela Open. Lalu masukkan alamat website yang Anda inginkan. Misalnya http://www.unikom.ac.id, kemudian tekan tombol OK atau Enter, maka akan dimunculkan website tersebut.
    • Kedua. Dengan memasukkan langsung alamat websitenya ke kotak address yang terdapat di jendela Internet Expoler.

    Tombol-tombol lain yang biasa digunakan adalah sebagai berikut :

Nama
Keterangan
Back
Untuk kembali ke halaman sebelumnya
Stop
Untuk menghentikan proses loading website
Forward
Untuk ke halaman berikutnya
Refresh
Untuk mengulang loading website
Save As
Untuk menyimpan website yang sedang dibuka yang dapat dilakukan dengan memilih menu File, kemudian Save As
Save As Picture
Untuk menyimpangambar pada website dengan cara mengklik kanan mouse pada gambar yang
diinginkan kemudian pilh Save As Picture

Situs Web dan HomepageInformasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman- halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (web site) sedangkan homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Setiap halaman dan situs dalam WWW memiliki alamat yang unik dan khas yang disebut sebagai URL (Universal Resource Locator). URL mempunyai bentuk dasar:

protocol://hostname/[path/[filename]]

Contoh URL salah satu situs web:

http://www.novavista.com.sg/default.htm
HyperText Markup Language

Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.
Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.
HTML Tag

Untuk membangun suatu situs atau halaman web, orang terlebih dahulu harus mengerti tentang HTML. HTML terdiri dari tag-tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Tag adalah kode yang berada di antara tanda < dan >. Bentuk umum dari suatu tag adalah: <nama tag> teks.. </nama tag>. Tag-tag tersebut ditulis secara berpasangan. Saat program browser menampilkan suatu halaman web, browser tersebut akan mencari tag pembuka, kemudian menampilkan teks dengan bentuk yang sesuai dengan definisi dari tag tersebut dan kemudian mencari tag penutup sebagai batasannya. Tidak semua tag harus ditulis berpasangan karena ada beberapa tag tertentu yang hanya perlu ditulis tunggal saja.

Web Authoring

Membangun suatu halaman web dapat dilakukan secara manual, dalam pengertian bahwa pembuat halaman web (web author) harus menuliskan tag satu-persatu beserta teks-teks yang menjadi isinya. Namun kini telah banyak beredar program-program yang dapat membantu web author menyusun suatu halaman web tanpa harus kesulitan untuk menuliskan dan menghafalkan tag-tag HTML satu-persatu. Program-program tersebut sering dikenal dengan nama HTML editor, yakni program text processing yang khusus menangani pembuatan halaman web. Program- program ini dengan kelebihannya masing-masing sangat membantu para pembuat dalam menghemat waktu dan tenaga dalam proses penyusunan halaman web. Program HTML Editor yang sering digunakan adalah: Adobe PageMill, Netscape Composer, MS Frontpage, HotMetal Pro, dll.

Web Hosting dan Domain Name

Setelah halaman web selesai dibangun, maka selanjutnya menampilkan halaman web ini di Internet sehingga dapat dikunjungi oleh pengguna Internet di seluruh dunia. Untuk itu maka perlulah kiranya halaman web ini disimpan didalam komputer yang dapat pula diakses dari Internet. Penyimpanan halaman web ke dalam komputer ini dinamakan web hosting. Komputer ini untuk dapat diakses dari Internet harus mempunyai alamat yang khas yang dikenal pula di Internet. Sebagaimana yang diuraikan di atas (section Internet), unique address ini dinamakan IP address. Selain memiliki unique address ini, komputer tersebut juga harus mempunyai nama host dan domain yang unique pula yang diatur dalam domain name.

Contoh :

http://www.lampungutara.go.id

http:// merujuk kepada protocol hyper text transfer protocol

www merujuk kepada hostname komputer yang diisikan halaman web lampungutara.go.id merujuk kepada domain name

Dengan menjalankan perintah ping http://www.lampungutara.ac.id

kita peroleh:

PING http://www.lampungutara.go.id (216.139.227.172): 56 data bytes, dimana 216.139.227.172 adalah unique address-nya atau IP address dari host www milik domain lampungutara.go.id

Firefox

dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Firefox merupakan salah satu Browser yang terpopuler saat ini Selain IE. Bahkan menurut “Net Application” yang melakukan survey tentang penggunaan browser menempatkan  Firefox di 24,61% dari penggunan web browser yang tercatat per Desember 2009. Rilis stabil saat ini adalah versi 3.5.7, yang dirilis pada Januari 05, 2010.  Firefox dapat didownload disini

3. Opera

Opera adalah Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Jika firefox punya Add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

Opera versi  terbaru memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite, memungkinkan Anda untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, foto, dan banyak lagi hal lainnya  langsung dari browser. Saat ini rilis terakhir adalah 10.10 untuk windows. Opera dapat di download disini

4. Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple. Pertama kali dirilis sebagai beta pada 7 Januari 2003. Bulan Desember 2009, Safari memiliki 4,46% pangsa pasar menurut Net Applications. Saat ini rilis terakhir untuk safari adalah safari 4 untuk mac dan PC. Safari Dapat didownload disni

5. Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework. Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan publik adalah rilis stabil pada 11 Desember 2008.